Apa, sih, Arti dari Mimpimu?

Apa, sih, Arti dari Mimpimu?

Mimpi? Treaders pasti pernah mengalaminya kan? Bagi sebagian orang mimpi hanya dianggap sebagai bunga tidur dan seringkali diabaikan begitu saja. Namun, bagi yang lain mimpi dianggap sebagai pertanda tertentu. Sebagai contoh, temanmu mengatakan ketika kamu memimpikan seseorang, kemungkinan orang tersebut sedang merindukan kamu. Oleh karena itu, setelah mengalami mimpi tertentu kita kerap bertanya-tanya “Apa, yah, arti dari mimpi itu?”.

Saat ini, muncul buku-buku yang membahas tentang arti mimpi. Tak jarang pula informasi tersebut kita jumpai di internet. Jadi, apa yang membuat kita bisa bermimpi saat tidur? Apa benar mimpi memiliki arti-arti tertentu?

Terdapat beragam teori yang dapat menjelaskan mimpi seperti teori dalam bidang biologi, kognisi, psikologi, dan berbagai bidang lainnya. Hingga saat ini belum ada satu teori yang dapat menjelaskan mimpi yang dialami manusia secara menyeluruh. Para ahli masih melakukan banyak penelitian mengenai mimpi. Menurut Dr. Hobson, “bermimpi adalah keadaan paralel dari kesadaran yang terus berjalan tapi biasanya ditekan ketika bangun tidur”.

Salah satu teori mimpi menyatakan bahwa bermimpi adalah sarana otak memroses emosi, rangsangan, kenangan, dan informasi yang telah diserap sepanjang hari saat kita tidak tidur. Hal ini terbukti melalui sebuah penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang muncul dalam mimpi adalah orang-orang yang sudah diketahui oleh pemimpi.

Sebuah studi menemukan lebih dari 48% karakter dalam mimpi dikenali namanya oleh pemimpi. Sementara itu, 35% karakter lainnya dapat diidentifikasi oleh pemimpi dengan peran sosial mereka, yaitu sebagai teman, dokter, petugas polisi, dan masih banyak lagi. Sekitar 16% karakter tidak dikenali oleh pemimpi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa sebagian besar mimpi berisi konten yang terkait dengan memori autobiografi, yaitu memori tentang diri sendiri. Sebuah badan studi menunjukkan bahwa wanita hamil lebih banyak bermimpi tentang kehamilan dan persalinan. Pekerja rumah sakit yang merawat orang lain, baik pasien atau pun anggota keluarga, bermimpi tentang pengalaman merawat orang-orang yang mereka sayangi. Bahkan, seorang musisi dua kali lebih sering bermimpi tentang musik dibandingkan dengan non-musisi.

Treaders, ternyata mimpi itu sangat dipengaruhi oleh kehidupan sehari-hari kita loh! So, masihkah kita perlu menebak-nebak arti mimpi? (Nandita Tamara.P)

Sumber: psychologytoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *