SERBA SERBI ETIK PENELITIAN UNPAD

SERBA SERBI ETIK PENELITIAN UNPAD

oleh Putu Getsha Pradnyan Rarasati Mudita, S.Psi.

 

Halo adik-adik Fapsi!

Yang sekarang lagi penelitian (khususnya skripsi), pasti enggak asing, dong, dengan istilah Ethical Clearance atau Ethical Approval, yang juga biasa disebut dengan ‘Izin Etik’? Tentunya karena izin etik ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan pengambilan data.

 

Apa, sih, izin etik dan kenapa penting?

Izin etik adalah izin yang diberikan sebagai tanda bahwa suatu penelitian bertanggung jawab secara etis, minim risiko bahaya bagi manusia (dan hewan), serta mengarah pada hasil yang bermanfaat. Penting banget, nih, untuk memastikan bahwa penelitian akan dilakukan dengan cara yang melindungi martabat, hak, dan keselamatan peserta penelitian.

 

Darimana kita bisa mendapatkan izin etik ini?

Izin etik diberikan oleh Komite Etik Penelitian (KEP), salah satunya ada di Unpad. Sekretariatnya berlokasi di lantai 6 Wing Utara Gedung RSP, Jl. Prof. Eijkman nomor 38 Bandung (seberang RS Hasan Sadikin).

 

Bagaimana, sih, caranya biar bisa dapat izin etik dari Unpad?

  1. Mampir dulu ke website-nya ya, karena semua informasi yang kamu perlukan ada disini: https://kep.unpad.ac.id/
  2. Scroll sampai paling bawah, temukan link ‘Prosedur untuk Memperoleh Ethical Approval’. Klik dan pelajari, ya!
  3. Sesuai panduan dari prosedur tersebut, tentukan dulu penelitianmu termasuk kategori Non Uji Klinik, Uji Klinik, Uji Hewan, atau Sosial Komunitas. Lalu download dan isi formulir etik sesuai kategori di bagian ‘Download Formulir Pengajuan Persetujuan Penelitian’.
  4. Selanjutnya, daftar online (registrasi). Klik tombol bertuliskan ‘REGISTRASI’ di bagian kiri atas website.
  5. Setelah dapat username dan password, log in ke akun mu dan lengkapi semua isian yang diperlukan. User manual-nya bisa kamu akses disini: bit.ly/EtikUnpad
  6. Bayar tarif izin etik. Kamu bisa cek tarif-tarifnya di bagian bawah website. Saat transfer, ingat untuk cantumkan No. Referensi/Berita dengan nomor registrasi dari akun mu ya.
  7. Upload semua berkas yang diperlukan: formulir etik, bukti pembayaran, proposal penelitian (Bab 1 – Bab 3), dan surat pengantar (format surat disediakan di website, urus ke SBA fakultas).
  8. Setelah selesai daftar online, semua berkas hardcopy harus diserahkan ke sekretariat KEP Unpad menggunakan map zipper Cek ketentuan warna map sesuai jenjang. Gambar contoh map tertera di bagian paling bawah website.

 

Tips & Trick pengumpulan berkas hardcopy:

  • Perhatikan jadwal buka komite etik. Pelayanan penerimaan berkas hardcopy pengajuan etik dilakukan setiap hari Senin-Kamis jam 08.00-11.30 WIB. Jadi, jangan datang pas weekend ya karena pasti tutup!
  • Datanglah sebelum jam buka, misalnya 30 menit sebelumnya, supaya dapat nomor antrian lebih awal. Semakin siang datang, semakin panjang antriannya. Gak mau kan nongkrong lama disana?
  • Pastikan semua berkas yang dibutuhkan sudah dibawa! Jangan sampai membuang waktu untuk mengambil berkas yang tertinggal.

 

Berapa lama proses pengajuannya?

Rata-rata 1 minggu sampai 1 bulan. Kalau sudah lebih dari seminggu belum ada kabar, aktif follow up ke sekretariatnya, ya.

 

Setelah mengumpulkan berkas, lalu apa?

Menunggu. Jika penelitian disetujui dan surat etik sudah selesai, kamu akan diinfokan melalui e-mail untuk mengambil suratnya di sekretariat. Lalu biasanya akan diminta fotokopi sebanyak 10 kali untuk dilegalisir. Selesai, deh! Kamu siap memulai pengambilan data.

 

Kak, boleh liat contoh-contoh berkasnya kakak dulu gak?

Boleh, dong. Silakan akses disini bit.ly/EtikUnpad , isinya semua keperluan pengurusan izin etik penelitian skripsiku di bulan Februari 2019. Crosscheck dengan info di website ya, siapa tahu ada perubahan syarat dan ketentuan. Ingat, selalu berpedoman pada informasi dari website kep.unpad.ac.id. Good luck, adik-adik! (Penulis/Nadine).

 

Sumber:

https://www.usb.ac.za/usb_food_for_thought/the-importance-of-ethical-clearance-in-research/

https://ethics.grad.ucl.ac.uk/why-is-ethical-approval-required.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *